BERKAS PERSYARATAN ADMINISTRASI PENGANGKATAN MENJADI CPNS :

A. FORMASI UMUM

  1. Surat Lamaran; download contoh surat lamaran
  2. Fotocopy Ijazah/STTB dan Transkip Nilai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan tugas yang ditetapkan;
  3. Pas Photo ukuran 3×4 cm sebanyak 8 (delapan) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pas photo tersebut;
  4. Daftar Riwayat Hidup yang ditulis dengan tangan sendiri memakai huruf capital/balok dan tinta hitam, serta telah ditempel pas photo ukuran 3 x 4 cm, sesuai dengan Anak Lampiran I-c yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala BKN nomor 11 Tahun 2002. Dalam kolom riwayat pekerjaan agar diisi pengalaman pekerjaan yang dimiliki; download daftar riwayat hidup
  5. Fotocopy bukti pengalaman kerja yang autentik dan dilegalisir bagi yang memiliki pengalaman kerja;
  6. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku;
  7. Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter Pemerintah (cacat fisik tidak berarti tidak sehat jasmani);
  8. Asli Surat Bebas Narkoba (Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan zat adiktif lainnya) dari Dokter/Rumah Sakit Pemerintah;
  9. Surat Pernyataan Sesuai Anak Lampiran I-d Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002 (download disini) yang berisi tentang :
    • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;
    • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
    • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri;
    • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
    • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik;
  10. Fotocopy Akte Kelahiran;
  11. Fotocopy Surat Nikah dan Akte Kelahiran Anak bagi yang sudah berkeluarga;
  12. Fotocopy KTP;
  13. Fotocopy Kartu Keluarga;
  14. Fotocopy Kartu Tanda Pencari Kerja (AK.1) dari Kantor/Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat dan menunjukkan surat aslinya;
  15. Surat pernyataan bersedia tinggal dan tidak akan mengajukan permohonan pindah keluar Kabupaten Sambas minimal 8 tahun. download surat pernyataan

Catatan : Berkas persyaratan di atas masing-masing dibuat 2 (dua) rangkap dan  jumlah persyaratan yang diperlukan tersebut dapat sewaktu-waktu bertambah maupun berkurang sesuai dengan kebutuhan


B. FORMASI TENAGA HONORER

  1. Surat Lamaran;
  2. Fotocopy Ijazah/STTB dan Transkip Nilai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan tugas yang ditetapkan. Khusus bagi tenaga honorer yang dibiayai APBN/APBD, ijazah/STTB yang dilampirkan berdasarkan ijazah/STTB yang sesuai dengan data verifikasi dan validasi, kecuali untuk jabatan guru;
  3. Pas Photo ukuran 3×4 cm sebanyak 8 (delapan) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pas photo tersebut;
  4. Fotocopy Keputusan/bukti pengangkatan pertama sampai dengan terakhir sebagai tenaga honorer yang disyahkan oleh pejabat yang berwenang paling rendah pejabat struktural eselon II;
  5. Surat Pernyataan oleh atasan langsung atau pejabat yang ditunjuk paling rendah eselon II di lingkungan unit kerjanya sesuai contoh sebagaimana tercantum dalam  Anak Lampiran I-k Peraturan Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2012 (download disini)yang menyatakan bahwa yang bersangkutan :
    • Sejak diangkat sebagai tenaga honorer sampai dengan saat ini melaksanakan tugas secara nyata dan sah secara terus menerus.
    • Selama menjadi tenaga honorer memiliki disiplin dan dedikasi yang baik serta integritas yang tinggi.
  6. Khusus bagi tenaga Dokter yang telah atau sedang melaksanakan tugas sebagai Pegawai Tidak Tetap atau sebagai tenaga honorer pada unit pelayanan kesehatan milik pemerintah dan bersedia ditempatkan di sarana pelayanan kesehatan daerah terpencil atau tertinggal paling kurang 5 (lima) tahun, harus dilampirkan surat pernyataan di atas kertas segel atau kertas bermaterai Rp. 6000,- sesuai contoh sebagaimana tercantum dalam Anak Lampiran I-o Peraturan Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2012 download disini
  7. Daftar Riwayat Hidup yang ditulis dengan tangan sendiri memakai huruf capital/balok dan tinta hitam, serta telah ditempel pas photo ukuran 3 x 4 cm, sesuai dengan Anak Lampiran I-c yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala BKN nomor 11 Tahun 2002. Dalam kolom riwayat pekerjaan agar diisi pengalaman pekerjaan yang dimiliki termasuk pengalaman kerja sebagai tenaga honorer; download daftar riwayat hidup
  8. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku;
  9. Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter Pemerintah (cacat fisik tidak berarti tidak sehat jasmani);
  10. Asli Surat Bebas Narkoba (Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan zat adiktif lainnya) dari Dokter/Rumah Sakit Pemerintah;
  11. Surat Pernyataan Sesuai Anak Lampiran I-d Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002 (download disini) yang berisi tentang :
    • Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;
    • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
    • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri;
    • Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
    • Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik;
  12. Fotocopy Akte Kelahiran;
  13. Fotocopy Surat Nikah dan Akte Kelahiran Anak bagi yang sudah berkeluarga;
  14. Fotocopy KTP;
  15. Fotocopy Kartu Keluarga;
  16. Fotocopy Kartu Tanda Pencari Kerja (AK.1) dari Kantor/Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat dan menunjukkan surat aslinya;
  17. Surat pernyataan bersedia tinggal dan tidak akan mengajukan permohonan pindah keluar Kabupaten Sambas minimal 8 tahun. download surat pernyataan

Catatan : Berkas persyaratan di atas masing-masing dibuat 2 (dua) rangkap dan  jumlah persyaratan yang diperlukan tersebut dapat sewaktu-waktu bertambah maupun berkurang sesuai dengan kebutuhan